contoh penulisan PROPOSAL BISNIS yang baik dan benar



TUGAS PENGANTAR BISNIS
“PROPOSAL BISNIS”
DISTRO YUDZA HAYAZA
                                          
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOzJn_JLUu5gvi2dpHeoYYUIfT2gRs1W5Pjia1vYOfrW1QxFTjYmmqea73b79x0vwDZZgh75tHIyj5XPHCxl-PKSNpiYCDAAcsYPPwAZ3rZu1o7MBiTWZhNyqRglI0R5Z9XpIeWvxcYqs/s1600/FE+UNRAM.jpg

DISUSUN OLEH :
B. HAPIZATUL A. AHMADI
A1B014020
MANAJEMEN B


FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MATARAM
2014








KATA PENGANTAR


Puji syukur yang sebesar-besarnya penulis panjatkan atas kehadirat Allah S.W.T.  yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya serta dengan izin-Nyalah penulis dapat menyelesaikan proposal yang berjudul “Distro Yudza Hayaza”
 Salam dan shalawat penulis sampaikan kepada junjungan alam, yakni Nabi besar Muhammad S.A.W. karena karakteristik ahlak mulia dari beliaulah kita dapat merealisasikan kehidupan menurut petunjuk-petunjuk yang tertuang jelas dalam kitab suci yang diturunkan kepada para nabi, yang tiada sangsinya lagi bagi orang yang mahu menggunakan akal sehat secara positif, yaitu kitab suci Al-Qur’an Nur Karim.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh Dosen pada mata kuliah Pengantar Bisnis.
Dalam proses penyusunan tugas ini penulis menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat saya harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan penulis  semoga proposal ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi pembaca lain pada umumnya.

Mataram, November 2014


                                                                                    Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………

DAFTAR ISI…………………………………………………………………………..

BAB I : PENDAHULUAN…………………………………………………………...
§  A. LATAR BELAKANG……………………………………………………..
§  B. LANDASAN TEORI………………………………………………………

BAB II : PEMBAHASAN…………………………………………………………….
§  A. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN………………………………….
§  B. RENCANA USAHA DAN PEMBAGIAN MODAL……………………..

BAB III : PENUTUP………………………………………………………………….
§  A. KESIMPULAN…………………………………………………………….
§  B. SARAN……………………………………………………………………..
§  C. REKOMENDASI…………………………………………………………..







BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG

Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perumahan di desa Lendang Nangka merupakan perumahan yang relatif baru dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Perusahaan Bisnis distro ini akan didirikan atas kerjasama serta keinginan sahabat-sahabat saya yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, sahabat saya ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan “YUDZAHAYAZA DISTRO” yang akan berdiri di Lendang Nangka, lingkungan yang memiliki tingkat pengetahuan tentang mode, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
“YUDZAHAYAZA DISTRO” didirikan untuk mempelopori kecintaan Pemudi dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak dan ciri khas Indonesia.

B.     LANDASAN TEORI
*      Sebelum kita membahas  lebih jauh mengenai penulisan Bisnis Plan, kita perlu mengetahui inti dari penulisan Proposal Bisnis Plan itu sendiri yaitu mengenai Bisnis, berikut terdapat beberapa pengertian mengenai Bisnis :
“Merupakan seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpungan dalam bidang     perniagaan     dan    industri,   yang    menyediakan      barang     &  jasa    untuk    kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.” Business     An   Introduction   (Husein    Umar) dalam Raymond E. Glos : Business :   Its  nature   and Environtment : An Introduction ]
“Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit, the goods and services that specify society needs” Pengantar Bisnis [Dr. Buchari Alma (Hughes and Kapoor)] :
 Agar   usaha   berjalan   pada   jalan  yang  benar   maka    seorang   wirausaha    harus  menyusun business plan karena Basic dari sebuah usaha yang akan dijalankan adalah adanya business plan atau perencanaan      dalam   membangun      sebuah    usaha.  Business   plan  adalah   kumpulan    dokumen     yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang ataupun jasa dengan menghasilkan   profit   yang   tinggi   dan   menarik   bagi   investor  atau   perbankan,   untuk   menanamkan modalnya   kepada      perusahaan    kita dan   juga   bisa   digunakan  sebagai  pedoman    dasar   pengusaha dalam    menjalankan     bisnis   kedepannya.  Didalam    perencanaan     ini  dibutuhkan   perincian-perincian yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk jangka pendek dan jangka panjang.
Perincian itu mencangkup :
 1.  Manajerial perusahaan, kejelasan dalam tatanan kinerja perusahaan.
2.  Keadaan fisik dari sebuah bangunan yang kita tempati.
3.  Pegawai, tenaga kerja staff.
4.  Produk yang kita hasilkan.
5.  Sistem informasi mengenai market perusahaan.
6.  Rincian Rugi/Laba.
7.  Perhitungan neraca.
8.  Prediksi Cash Flow untuk 2 tahun ke depan.
 9.  Strategi yang digunakan perusahaan dalam pencapaian tujuan perusahaan.
10.  Perencanaan itu begitu penting dalam mendirikan sebuah perusahaan.
Pentingnya perencanaan yaitu :
1.   Untuk   memulai   usaha   baru,   biasanya   dimulai   dari   usaha-usaha   kecil   yang   selanjutnya   menjadi usaha   besar,   agar   apabila   terjadi   benturan,   tekanan,   goncangan   didalam   bisnis   tidak   akan   terjadi kepanikan yang bisa mengakibatkan sebuah kegagalan.
2. Memulai usaha dalam bentuk usaha kecil, akan memberikan pengalaman demi pengalaman dalam mengelola   usaha   sehingga   membentuk   fundamental   bisnis   yang   kuat   sebelum   kita   mengarah   ke bisnis yang lebih besar dibandingkan yang pertama.
3. Dalam membuka usaha baru suatu hal yang mustahil apabila kita mempunyai perencanaan yang matang.
4.   Rencana    tertulis,  walaupun    sederhana     perlu  dilakukan    karena   keterbatasan    otak   kita  dalam menampung   segala   kemauan   yang   ada   dan   tidak   mencatatnya,   padahal  pencatatan   itu   sangatlah berarti dalam sebuah usaha.
5. Apabila seorang usahawan melakukan perencanaan tertulis secara minimal telah memikirkan :
a. jenis usaha apa yang akan dijalankan;
b. mengapa anda memilih usaha tersebut;
c. di mana tempat/lokasi kerja yang di perlukan;
d. siapa saja sasaran-sasaran penjualan anda;
e. dari mana sumber modalnya;
f. perlukah kita mempunyai mesin tersebut untuk kelancaran bisnis anda;
g. berapa pegawai yang akan anda pekerjakan dan lain-lain.
6.   Suatu   perencanaan   bisnis  yang   dibuat   secara   tertulis   dan   resmi   guna   menjalankan   perusahaan (business plan) merupakan perangkat untuk memegang kendali perusahaan dan menjaga agar fokus usaha perusahaan tidak menyimpang.
Business plan sebagai langkah utama dalam membangun usaha, karena :
1.  Untuk   menyatakan   bahwa   anda  sebagai   pencetus   utama   dan   sekaligus   memegang   kendali dalam   usaha   tersebut,   sehingga   meyakini   akan   orang/pihak   lain   yang   ingin   berkerjasama dengan kita bahwa usaha yang akan kita jalankan membawa keuntungan.
2.  Agar dapat memenej/mengatur dan membentuk kerjasama dengan perusahaan-perusahaan  lain yang sudah saling menguntungkan bagi produsen,supplier ataupun badan usaha lainnya. 3.  Dapat    merekrut    tenaga-tenaga    ahli  yang  potensial   untuk  ikut  bergabung    dalam    proses kinerja   perusahaan    setelah  mengetahui     dari  rencana   perusahaan    yang   kita  tuangkan dalam Business plan.
 4.  Memberi   keyakinan   kepada   calon   pembeli,customer   perusahaan   agen,   retailer,   distributor untuk   diajak   bergabung   (merger/join   venture),   apabila   kita   bermaksud menjual,   membeli bahan baku, atau berkerjasama dengan perusahaan lain.
5.  Dapat memberikan pengarahan kepada setiap individu dalam perusahaan untuk mempunyai konsisten    dalam    berpijak  dalam    business   plan  yang   telah  kita  buat  sehingga    apabila perusahaan mengembangkan usahanya, dan mempunyai kompleksitas permasalahan, maka para    karyawan    dapat   memfokuskan       diri  mereka    ke  arah   tujuan   yang   di  kehendaki perusahaan.
Selain itu usahawan juga bisa menemukan kegagalan dalam membuat perencanaan bisnis, mengapa demikian…? Jawabnya karena disebabkan oleh :
1.  Tujuan yang telah ditentukan dan menjadi sebuah ketetapan tidak akseptabel.
2.  Usahawan kurang memiliki rasa responbility terhadap usaha yang dijalaninya
3.  Usahawan tersebut tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan serta wawasan dalam ilmu perencanaan bisnis dan manejerial
4.   Usahawan tersebut kurang tanggap dalam mencermati ancaman dan kelemahan bisnisnya.
5.  Konsumen tidak dapat menerima barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh kita.
Dalam Penulisan Proposal Bisnis Plan, isi yang harus diuraikan adalah keempat fungsional bisnis yaitu,   Pemasaran,     Operasional,    Sumber    Daya   Manusia,   Keuangan      dan   Penggunan    Teknologi informasi.
*      Perusahaan dapat didefinisikan sebagai suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
Tujuan dari perusahaan adalah:
1.      Mendapatkan keuntungan maksimal
2.      Kesejahteraan anggota
3.      Kesejahteraan masyarakat
Faktor-faktor yang menentukan iklim bisnis:
1.      Investasi
Investasi adalah penggunaan sumber-sumber untuk menciptakan modal baru.
2.      Tabungan
3.      Pemerintah
Pemerintah dapat mempengaruhi kegiatan bisnis melalui:
§  Kebijaksanaan fiscal
Digunakan untuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak atau meningkatakan pengeluaran pemerintah.
§  Kebijaksanaan moneter
Berkaitan dengan pengelolaan supply uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan.
Problema bisnis yang dihadapi saat ini adalah:
1.      Inflasi
Inflasi adalah suatu kenaikan harga-harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian.
2.      Produktivitas
Produktivitas adalah keluaran barang dan jasa per unit tenaga kerja.
3.      Pengangguran

*      Hak-hak konsumen:
     Hak-hak konsumen antara lain:
§  Hak untuk menggunakan barang/produknya dengan aman.
§  Hak untuk mendapatkan perlakuan yang wajar dan adil dalam transaksi usaha.
§  Hak untuk memahami secara benar dan nyata mengenai barang-barang yang hendak dibelinya.
§  Hak untuk mengetahui tingkat bunga yang sebenarnya yang mereka minta.
§  Apabila hendak membeli saham, maka perlu mengetahui secara terperinci mengenai pendapatan, pengeluaran, dan laba dari perusahaan yang menjual saham itu.
§  Hak untuk mengadu keluhan-keluhan mengenai barang-barang yang tidak beres dan perlakuan perusahaan yang tidak adil.
Sifat dan Kegiatan perusahaan:
     Kegiatan perusahaan mempunyai sifat-sifat berikut:
§  Produksi atau perolehan (ecquisition) barang-barang
§  Penjualan atau transfer (pemindahan) hak milik
§  Usahanya terutama mengenai barang dan jasa
§  Keajegan (regularity) dalam usaha
§  Laba sebagai hadiah untuk jasa yang ditawarkan
§  Ketidakpastian atau resiko masa mendatang

     Entrepreneur atau usahawan merupakan inti dari kegiatan perusahaan. Sebagai entrepreneur ini ia mengambil keputusan bagaimana sumber-sumber itu dikoordinasikan, apa yang dihasilkan, dan berapa jumlahnya. Selanjutnya ia memutuskan berapa tenaga yang diperlukan dan upah/gajinya.
Kualitas dari seorang pengusaha yang berhasil:
§  Ketelitian/ketepatan
§  Menghargai waktu dan pandangan jauh ke depan
§  Waspada
§  Kejujuran
§  Kemampuan kerja sama
§  Konsisten dan dependability
§  Berinisiatif dan punya kemampuan untuk mengambil keputusan
§  Adanya power untuk enyatakan pendapat yang ia anggap/yakini benar
§  Kualitas perorangan
Hal ini ditentukan oleh berbagai unsur seperti intelegensi, mental, imaginasi, simpati, dan sebagainya.
*      Produk Kreatif Islami
Satu yang menjadi pondasi untuk pengembangan produk kreatif islami ini adalah : kembangkanlah produk yang kita sendiri akan senang dan bangga memakainya, sehingga tanpa disuruh-suruh akan bersedia mengajak banyak orang untuk memakainya karena kita telah terpuaskan oleh produk tersebut.
Berikut poin-poin pemikiran dalam menciptakan produk-produk kreatif islami :
§  Luruskan niat
Seringkali dengan meluruskan niat pada awalnya, proses selanjutnya akan semakin ringan dijalani. Jika islam menjadi ruh produk itu, lalu disinergikan dengan kreativitas dan teknologi dalam memproduksinya, maka jadilah produk yang “hidup” bukan sekedar produk. Produk yang dirancang sebagai perwujudan ibadah dengan melibatkan Allah, akan menjadi amal jariyah. Dan itu sungguh menjadi harga tertinggi yang Allah bayarkan untuk kita yang meluruskan niat.
Selain itu jadikan keinginan untuk mendapatkan keuntungan besar sebagai pertimbangan nomor ke sekian karena kegagalan justru akan hadir saat di pikiran kita hanya terbayang uang, uang, dan uang. Uang yang memenuhi niat awal kita akan menuntun kita untuk menghasilkan produk yang buruk. Uang dan euntungan itu hanyalah sebagai akibat. Sekali lagi janganlah engkau mengejar uang. Engkau akan capek jiwa raga. Lakukanlah hal-hal hebat, rancanglah produk-produk yang hebat, maka uang akan mengejar-ngejar kita.
§  Jadilah autentik (diri sendiri)
§  Customer satisfaction
Desain bukanlah sekedar yang terlihat, desain adalah bagaimana sebuah produk itu bekerja.
§  Engkau konsumen pertama produkmu
§  Jangan berhenti berinovasi
§  Sederhanakan
Makin banyak elemen dalam sebuah produk yang memiliki fungsi yang tidak substansial, akan makin mengurangi value produk tersebut.
§  Heart sale bukan hard sale
Jangan hanya menciptakan produk hebat, juallah produk tersebut dengan cara-cara yang hebat pula.
Menjual dengan hati, harus dengan cara yang hati-hati. Seperti yang diteladankan oleh Rasulullah S.A.W. seseorang harus merasa lebih beruntung setelah bertransaksi dengan kita, bukannya merasa makin rugi dan makin bersalah karena terbujuk rayuan barang obral yang sesungguhnya kurang berguna.





BAB II
PEMBAHASAN

A.    GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN        
§  Nama dan Alamat Perusahaan
          Nama perusahaan          :  DISTRO YUDZA HAYAZA
          Alamat perusahaan        :  Jl. Laskar Tojang No. 27 Lendang Nangka
          No. Telp                        :  082340859683

§  Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik 
:
L. BARQURRO’DI AHMADI
Alamat pemilik
:
Jl. Laskar Tojang No. 27 Lendang Nangka
No. Telp
:
085943587657

§  Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama
:
L. AKHMADI AZHAR
Alamat
:
Jl. Laskar Tojang No. 27 Lendang Nangka
No. Telp
:
082340843271

§  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka baju serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat, khususnya untuk kaum remaja dan dewasa.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan didirikannya perusahaan ini yaitu:
1).  Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2).  Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat,
3).  Mengurangi tingkat pengangguran,
4).  Menjalin persahabatan antara pelanggan,
5).  Mendapatkan keuntungan atau laba
6). Memberikan pengalaman bagi kami bagaimana menjalankan bisnis yang bergerak dibidang fashion.
7). Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
8). Meningkatkan pendapatan dan taraf hidup pengusaha.
9). Memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjadi pengusaha.
               Dengan demikian tujuan bisnis ini terdapat dua aspek yaitu aspek social dan aspek ekonomi. Pada aspek social bisnis ini dapat membantu masyarakat yang menganggur untuk dapat bekerja sebagai karyawan atau reseller, sedangan pada aspek ekonomi bisinis ini dapat meningkatkan taraf hidup bagi pengusaha maupun karyawan, serta memberi kemudahan masyarakat dalam mencari baju/fashion yang murah dan berkualitas tinggi tentunya.
§  Visi dan Misi Distro Yudza Hayaza
ü  Visi      : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
ü  Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
§  Lokasi
             Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Perumahan Lendang Nangka, karena berada tidak jauh dari kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
§  Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
             Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 9m x 11m.
§  Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha butik ini dibuka dari pukul 07:00 pagi sampai dengan pukul 22:00 WITA


§  Kesan / Counter Style
            Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service with Smile” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.

§  Konsep Promosi
            Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Distro Yudza Hayaza akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.

§  Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah masyarakat kalangan remaja dan dewasa yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju yang memiliki ciri khas tertentu.
§  Analisis Industri

1.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar Perumahan Lendang Nangka pada khususnya dan masyarakat Lombok Timur serta masyarakat NTB pada umumnya yang  pada saat ini sangat besar.

1.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha distro  ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

1.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Distro Yudza Hayaza  membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha Distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
§  Deskripsi Usaha
2.1.   Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o   Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o   Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
o   Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
~ Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o   Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o   kualitas produk terjamin
o   sesuai dengan selera masyarakat

2.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha distro ini dirancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan Distro Yudza Hayaza ini terletak di Jl. Laskar Tojang No. 27 Lendang Nangka. Distro  ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.

2.3.   Personalia dan Perlengkapan Kantor
~ Pemilik                     :     L. BARQURRO’DI  AHMADI
~ Penanggung Jawab  :     L. AKHMADI AZHAR
~ Sekretaris                 :     BQ. FATMAWATI QADIR
~ Bendahara                :     BQ. HAPIZATUL A. AHMADI
§  Rencana Produksi

3.1.   Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
§  Rencana Pemasaran

4.1.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.

No.
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
> Rp. 50.000,- s/d Rp. 120.000,-
2
Kaos
> Rp. 30.000,- s/d Rp. 200.000  ,-
3
Jeans
> Rp. 110.000,- s/d Rp. 350.000,-
4
Gaun 
> Rp. 200.000,- s/d Rp. 450.000,-
5
Kerudung
> Rp.   15.000,- s/d Rp. 70.000,-
6
Rok
> Rp. 55.000,- s/d Rp. 250.000,-
7
Jaket
> Rp. 105.000,-
8
Aksesoris
Rp. 5.500,- s.d Rp. 78.900,-



4.2.   Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya. 

4.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan 
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
         Membuat pamflet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
         Membuat katalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di Distro.
§  Perencanaan Organisasi

~Job Description

*Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
*Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
*Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
*Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
*Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.




           ~ Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
~ Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan dan keberlangsungan bisnis. Adapun status kepemilikan Distro Yudza Hayaza yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik distro. 

§  Resiko

ü  Analisis SWOT
·         Strength (Kekuatan)                             
1.      ~ Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      ~ Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.     ~  Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      ~ Menjual produk yang berkualitas
·         Weaknes (Kelemahan)
1.      ~ Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.      ~ Berubahnya kondisi perekonomian
·         Oportunity (Peluang)
1.      ~ Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.      ~ Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di daerah sekitar, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
·         Threaty (Ancaman)
~ Munculnya Perusahaan-perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
ü  Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya Butik-butik maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi butik lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.

B.     RENCANA USAHA DAN PEMBAGIAN MODAL
ü  Perencanaan Permodalan
1.1.   Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Distro Yudza Hayaza yaitu dari pemilik Butik sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.
.
1.2.   Neraca Permulaan Perusahaan
a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior

Rp.   90.000.000,-
Kulakan baju grosir

Rp. 500.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal

Rp.     7.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama

Rp.   55.000.000 ,-  +
Jumlah Modal Produksi

Rp. 652.000.000,-

2.      Biaya lain-lain
·         Listrik                                                 Rp. 14.000.000,-
·         Asuransi                                              Rp. 10.000.000,-
·         Transportasi                                        Rp.   7.500.000,-
·         Administrasi                                       Rp.   4.500.000,-
·         Pajak                                                   Rp.   2.750.000,-
·         Pemeliharaan gedung dan peralatan   Rp.   5.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                          Rp. 43.750.000,-


Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                   Rp. 652.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                      Rp.   43.750.000,-    +
Total                                                                Rp. 695.750.000

1.3.   Proyeksi Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi keuntungan kotor adalah 20% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 970 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

1.4.   Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)
~Biaya tetap

1.      Penyusutan gedung dan peralatan
Rp.   7.000.000,-
2.      Gaji pegawai
Rp. 70.000.000,-
Jumlah
Rp. 77.000.000,-


~Biaya variable/ produksi

Kulakan baju grosir
Rp. 500.000.000,-
Jumlah
Rp. 500.000.000,-


~Biaya-biaya lain

1.   Listrik                                     
2.   Asuransi                                             
3.   Transportasi    
4.   Administrasi
5.   Pajak
       Pemeliharaan gedung dan peralatan                                  
Rp. 14.000.000,-
Rp. 10.000.000,-
Rp.   7.500.000,-
Rp.   4.500.000,-
Rp.   2.750.000,-
        Rp.   5.000.000,-
Total Modal produksi
Rp. 43.750.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp. 620.750.000,-


~Pendapatan

Penjualan aneka pakaian dan fashion
Rp. 970.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 970.000.000,-


PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran


Rp. 970.000.000,-
Rp. 620.750.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 349.250.000,-













BAB III
PENUTUP

A.     KESIMPULAN

Dari hasil pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa target pasar cukup luas untuk prospek kedepannya cukup menjanjikan. Dengan modal awal Rp 695.750.000,00 di dapat kan laba sebesar Rp 349.250.000,- Per tahunnya. Jadi semakin besar modal yang kita tanam, maka semakin besar pula laba yang kita peroleh, dan diiringi dengan keuletan, keteguhan jiwa pantang menyerah dan cara kerja yang baik.


B.     SARAN

 Produk menitikberatkan kepada unsur keindahan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi. Dalam upaya pengembangan bisnis ini perlu adanya modal yang lebih agar menambah jumlah produk dan efisiensi serta keuntungan dari bisnis ini. Desain yang kreatif dan inovatif sangat diperlukan, sehingga perlu adanya kerjasama dengan pihak luar untuk masalah ini agar variasi produk lebih banyak dan dapat menghindari kebosanan konsumen. Selanjutnya adalah perlu legalisasi bisnis agar konsumen percaya untuk membeli baju di distro kami.

C.     REKOMENDASI

Demikianlah proposal yang penulis buat, dengan rinci dan detailnya, semoga langkah yang saya lakukan bermanfaat bagi penulis sebagai pegusul dan masyarakat pada umumnya demi terlaksananya manusia bersumber daya yang kokoh, dan dapat dipertimbangkan oleh Dosen Pengantar Bisnis, Yth. Ibu Sri Wahyulina. Semoga kebijakan ini dapat turut andil dalam mencerdaskan umat dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi berbasis Kerakyatan.











DAFTAR PUSTAKA



Sukotjo, Basu Swashta. Pengantar Bisnis Modern : Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Yogyakarta : Penerbit Liberty, 1988

Irawan, M.B.A., Pengantar Ekonomi Perusahaan. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta, 1997  

Arief Budiman, M. 2012. Spiritual Creativepreneur : Perjalanan Membangun Bisnis adalah Perjalanan Spiritual Menuju Tuhan. Yogyakarta : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

            www.anggakusumanegara.wordpress.com

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "contoh penulisan PROPOSAL BISNIS yang baik dan benar"