TUGAS
PENGANTAR BISNIS
“PROPOSAL
BISNIS”
DISTRO
YUDZA HAYAZA
“

DISUSUN
OLEH :
B.
HAPIZATUL A. AHMADI
A1B014020
MANAJEMEN
B
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
MATARAM
2014
KATA PENGANTAR
Puji
syukur yang sebesar-besarnya penulis panjatkan atas kehadirat Allah S.W.T. yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya
serta dengan izin-Nyalah penulis dapat menyelesaikan proposal yang berjudul
“Distro Yudza Hayaza”
Salam dan shalawat penulis sampaikan kepada
junjungan alam, yakni Nabi besar Muhammad S.A.W. karena karakteristik ahlak
mulia dari beliaulah kita dapat merealisasikan kehidupan menurut
petunjuk-petunjuk yang tertuang jelas dalam kitab suci yang diturunkan kepada
para nabi, yang tiada sangsinya lagi bagi orang yang mahu menggunakan akal
sehat secara positif, yaitu kitab suci Al-Qur’an Nur Karim.
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu
tugas yang diberikan oleh Dosen pada mata kuliah Pengantar Bisnis.
Dalam
proses penyusunan tugas ini penulis menjumpai hambatan, namun berkat dukungan
materil dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini
dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini penulis menyampaikan
terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang
telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala
sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar
datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski
begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala
saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat saya harapkan demi
perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan penulis semoga proposal ini bermanfaat khususnya bagi
penulis dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Mataram,
November 2014
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………..
BAB I : PENDAHULUAN…………………………………………………………...
§ A.
LATAR BELAKANG……………………………………………………..
§ B.
LANDASAN TEORI………………………………………………………
BAB II : PEMBAHASAN…………………………………………………………….
§ A.
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN………………………………….
§ B.
RENCANA USAHA DAN PEMBAGIAN MODAL……………………..
BAB III : PENUTUP………………………………………………………………….
§ A.
KESIMPULAN…………………………………………………………….
§ B.
SARAN……………………………………………………………………..
§ C.
REKOMENDASI…………………………………………………………..
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Dengan
semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang
berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to
date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perumahan
di desa Lendang Nangka merupakan perumahan yang relatif baru dibangun dan
mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah adalah masyarakat yang
mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun
kebutuhan lainnya yang ter up to date.
Daerah
sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga
saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang
memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Perusahaan
Bisnis distro ini akan didirikan atas kerjasama serta keinginan sahabat-sahabat
saya yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena
sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, sahabat
saya ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan “YUDZAHAYAZA DISTRO” yang akan
berdiri di Lendang Nangka, lingkungan yang memiliki tingkat pengetahuan tentang
mode, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan
bekualitas bagi masyarakatnya.
“YUDZAHAYAZA DISTRO” didirikan untuk
mempelopori kecintaan Pemudi dalam bidang fashion yang up to date
tanpa melupakan
corak dan ciri khas Indonesia.
B. LANDASAN TEORI

“Merupakan seluruh kegiatan yang diorganisasikan
oleh orang-orang yang berkecimpungan dalam bidang perniagaan dan
industri, yang menyediakan barang
& jasa untuk
kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup
mereka.” Business An Introduction (Husein
Umar) dalam Raymond E. Glos : Business : Its
nature and Environtment : An
Introduction ]
“Business is the organized effort of individuals to
produce and sell for a profit, the goods and services that specify society
needs” Pengantar Bisnis [Dr. Buchari Alma (Hughes and Kapoor)] :
Agar usaha
berjalan pada jalan
yang benar maka
seorang wirausaha harus
menyusun business plan karena Basic dari sebuah usaha yang akan
dijalankan adalah adanya business plan atau perencanaan dalam
membangun sebuah usaha.
Business plan adalah
kumpulan dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan
sebuah bisnis untuk menjual barang ataupun jasa dengan menghasilkan profit
yang tinggi dan
menarik bagi investor
atau perbankan, untuk
menanamkan modalnya kepada perusahaan kita dan
juga bisa digunakan
sebagai pedoman dasar
pengusaha dalam
menjalankan bisnis kedepannya.
Didalam perencanaan ini
dibutuhkan perincian-perincian yang
dibutuhkan oleh perusahaan untuk jangka pendek dan jangka panjang.
Perincian itu mencangkup :
1. Manajerial perusahaan, kejelasan dalam
tatanan kinerja perusahaan.
2. Keadaan
fisik dari sebuah bangunan yang kita tempati.
3. Pegawai,
tenaga kerja staff.
4. Produk
yang kita hasilkan.
5. Sistem
informasi mengenai market perusahaan.
6. Rincian
Rugi/Laba.
7.
Perhitungan neraca.
8. Prediksi
Cash Flow untuk 2 tahun ke depan.
9. Strategi yang digunakan perusahaan dalam
pencapaian tujuan perusahaan.
10.
Perencanaan itu begitu penting dalam mendirikan sebuah perusahaan.
Pentingnya perencanaan yaitu :
1.
Untuk memulai usaha
baru, biasanya dimulai
dari usaha-usaha kecil
yang selanjutnya menjadi usaha besar,
agar apabila terjadi
benturan, tekanan, goncangan
didalam bisnis tidak
akan terjadi kepanikan yang bisa
mengakibatkan sebuah kegagalan.
2. Memulai usaha dalam bentuk usaha kecil, akan
memberikan pengalaman demi pengalaman dalam mengelola usaha
sehingga membentuk fundamental
bisnis yang kuat
sebelum kita mengarah
ke bisnis yang lebih besar dibandingkan yang pertama.
3. Dalam membuka usaha baru suatu hal yang mustahil
apabila kita mempunyai perencanaan yang matang.
4.
Rencana tertulis,
walaupun sederhana perlu
dilakukan karena keterbatasan otak
kita dalam menampung segala
kemauan yang ada
dan tidak mencatatnya, padahal
pencatatan itu sangatlah berarti dalam sebuah usaha.
5. Apabila seorang usahawan melakukan perencanaan
tertulis secara minimal telah memikirkan :
a. jenis usaha apa yang akan dijalankan;
b. mengapa anda memilih usaha tersebut;
c. di mana tempat/lokasi kerja yang di perlukan;
d. siapa saja sasaran-sasaran penjualan anda;
e. dari mana sumber modalnya;
f. perlukah kita mempunyai mesin tersebut untuk
kelancaran bisnis anda;
g. berapa pegawai yang akan anda pekerjakan dan
lain-lain.
6.
Suatu perencanaan bisnis
yang dibuat secara
tertulis dan resmi
guna menjalankan perusahaan (business plan) merupakan
perangkat untuk memegang kendali perusahaan dan menjaga agar fokus usaha
perusahaan tidak menyimpang.
Business plan sebagai langkah utama dalam membangun
usaha, karena :
1. Untuk menyatakan
bahwa anda sebagai
pencetus utama dan
sekaligus memegang kendali dalam usaha
tersebut, sehingga meyakini
akan orang/pihak lain
yang ingin berkerjasama dengan kita bahwa usaha yang
akan kita jalankan membawa keuntungan.
2. Agar dapat
memenej/mengatur dan membentuk kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain yang sudah saling menguntungkan bagi
produsen,supplier ataupun badan usaha lainnya. 3. Dapat
merekrut tenaga-tenaga ahli
yang potensial untuk
ikut bergabung dalam
proses kinerja perusahaan setelah
mengetahui dari rencana
perusahaan yang kita
tuangkan dalam Business plan.
4. Memberi
keyakinan kepada calon
pembeli,customer perusahaan agen,
retailer, distributor untuk diajak
bergabung (merger/join venture),
apabila kita bermaksud menjual, membeli bahan baku, atau berkerjasama dengan
perusahaan lain.
5. Dapat
memberikan pengarahan kepada setiap individu dalam perusahaan untuk mempunyai
konsisten dalam berpijak
dalam business plan
yang telah kita
buat sehingga apabila perusahaan mengembangkan usahanya,
dan mempunyai kompleksitas permasalahan, maka para karyawan
dapat memfokuskan diri
mereka ke arah
tujuan yang di
kehendaki perusahaan.
Selain itu usahawan juga bisa menemukan kegagalan
dalam membuat perencanaan bisnis, mengapa demikian…? Jawabnya karena disebabkan
oleh :
1. Tujuan
yang telah ditentukan dan menjadi sebuah ketetapan tidak akseptabel.
2. Usahawan
kurang memiliki rasa responbility terhadap usaha yang dijalaninya
3. Usahawan
tersebut tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan serta wawasan dalam ilmu
perencanaan bisnis dan manejerial
4. Usahawan
tersebut kurang tanggap dalam mencermati ancaman dan kelemahan bisnisnya.
5. Konsumen
tidak dapat menerima barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh kita.
Dalam Penulisan Proposal Bisnis Plan, isi yang harus
diuraikan adalah keempat fungsional bisnis yaitu, Pemasaran, Operasional, Sumber
Daya Manusia, Keuangan
dan Penggunan Teknologi informasi.

Tujuan dari perusahaan adalah:
1. Mendapatkan keuntungan maksimal
2. Kesejahteraan anggota
3. Kesejahteraan masyarakat
Faktor-faktor yang menentukan iklim
bisnis:
1. Investasi
Investasi
adalah penggunaan sumber-sumber untuk menciptakan modal baru.
2. Tabungan
3. Pemerintah
Pemerintah
dapat mempengaruhi kegiatan bisnis melalui:
§ Kebijaksanaan fiscal
Digunakan untuk mempengaruhi permintaan
dengan meningkatkan pajak atau meningkatakan pengeluaran pemerintah.
§ Kebijaksanaan moneter
Berkaitan dengan pengelolaan supply
uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan.
Problema bisnis yang dihadapi saat ini adalah:
1.
Inflasi
Inflasi adalah suatu kenaikan
harga-harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian.
2.
Produktivitas
Produktivitas adalah keluaran barang
dan jasa per unit tenaga kerja.
3.
Pengangguran

Hak-hak konsumen
antara lain:
§ Hak untuk menggunakan barang/produknya
dengan aman.
§ Hak untuk mendapatkan perlakuan yang
wajar dan adil dalam transaksi usaha.
§ Hak untuk memahami secara benar dan
nyata mengenai barang-barang yang hendak dibelinya.
§ Hak untuk mengetahui tingkat bunga
yang sebenarnya yang mereka minta.
§ Apabila hendak membeli saham, maka
perlu mengetahui secara terperinci mengenai pendapatan, pengeluaran, dan laba
dari perusahaan yang menjual saham itu.
§ Hak untuk mengadu keluhan-keluhan
mengenai barang-barang yang tidak beres dan perlakuan perusahaan yang tidak
adil.
Sifat dan Kegiatan perusahaan:
Kegiatan
perusahaan mempunyai sifat-sifat berikut:
§ Produksi atau perolehan
(ecquisition) barang-barang
§ Penjualan atau transfer (pemindahan)
hak milik
§ Usahanya terutama mengenai barang
dan jasa
§ Keajegan (regularity) dalam usaha
§ Laba sebagai hadiah untuk jasa yang
ditawarkan
§ Ketidakpastian atau resiko masa
mendatang
Entrepreneur atau
usahawan merupakan inti dari kegiatan perusahaan. Sebagai entrepreneur ini ia
mengambil keputusan bagaimana sumber-sumber itu dikoordinasikan, apa yang
dihasilkan, dan berapa jumlahnya. Selanjutnya ia memutuskan berapa tenaga yang
diperlukan dan upah/gajinya.
Kualitas dari seorang pengusaha yang berhasil:
§ Ketelitian/ketepatan
§ Menghargai waktu dan pandangan jauh
ke depan
§ Waspada
§ Kejujuran
§ Kemampuan kerja sama
§ Konsisten dan dependability
§ Berinisiatif dan punya kemampuan
untuk mengambil keputusan
§ Adanya power untuk enyatakan
pendapat yang ia anggap/yakini benar
§ Kualitas perorangan
Hal ini
ditentukan oleh berbagai unsur seperti intelegensi, mental, imaginasi, simpati,
dan sebagainya.

Satu yang menjadi pondasi untuk
pengembangan produk kreatif islami ini adalah : kembangkanlah produk yang kita
sendiri akan senang dan bangga memakainya, sehingga tanpa disuruh-suruh akan
bersedia mengajak banyak orang untuk memakainya karena kita telah terpuaskan
oleh produk tersebut.
Berikut poin-poin pemikiran dalam menciptakan produk-produk
kreatif islami :
§ Luruskan niat
Seringkali
dengan meluruskan niat pada awalnya, proses selanjutnya akan semakin ringan
dijalani. Jika islam menjadi ruh produk itu, lalu disinergikan dengan
kreativitas dan teknologi dalam memproduksinya, maka jadilah produk yang
“hidup” bukan sekedar produk. Produk yang dirancang sebagai perwujudan ibadah
dengan melibatkan Allah, akan menjadi amal jariyah. Dan itu sungguh menjadi
harga tertinggi yang Allah bayarkan untuk kita yang meluruskan niat.
Selain itu
jadikan keinginan untuk mendapatkan keuntungan besar sebagai pertimbangan nomor
ke sekian karena kegagalan justru akan hadir saat di pikiran kita hanya
terbayang uang, uang, dan uang. Uang yang memenuhi niat awal kita akan menuntun
kita untuk menghasilkan produk yang buruk. Uang dan euntungan itu hanyalah
sebagai akibat. Sekali lagi janganlah engkau mengejar uang. Engkau akan capek
jiwa raga. Lakukanlah hal-hal hebat, rancanglah produk-produk yang hebat, maka
uang akan mengejar-ngejar kita.
§ Jadilah autentik (diri sendiri)
§ Customer satisfaction
Desain
bukanlah sekedar yang terlihat, desain adalah bagaimana sebuah produk itu
bekerja.
§ Engkau konsumen pertama produkmu
§ Jangan berhenti berinovasi
§ Sederhanakan
Makin
banyak elemen dalam sebuah produk yang memiliki fungsi yang tidak substansial,
akan makin mengurangi value produk tersebut.
§ Heart sale bukan hard sale
Jangan hanya menciptakan produk
hebat, juallah produk tersebut dengan cara-cara yang hebat pula.
Menjual dengan hati, harus dengan
cara yang hati-hati. Seperti yang diteladankan oleh Rasulullah S.A.W. seseorang
harus merasa lebih beruntung setelah bertransaksi dengan kita, bukannya merasa
makin rugi dan makin bersalah karena terbujuk rayuan barang obral yang
sesungguhnya kurang berguna.
BAB II
PEMBAHASAN
A. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
§ Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : DISTRO YUDZA HAYAZA
Alamat perusahaan :
Jl. Laskar Tojang No. 27 Lendang Nangka
No.
Telp : 082340859683
§ Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik
|
:
|
L. BARQURRO’DI AHMADI
|
Alamat pemilik
|
:
|
Jl. Laskar Tojang No. 27 Lendang
Nangka
|
No. Telp
|
:
|
085943587657
|
§ Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama
|
:
|
L. AKHMADI AZHAR
|
Alamat
|
:
|
Jl. Laskar Tojang No. 27 Lendang
Nangka
|
No. Telp
|
:
|
082340843271
|
§ Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang
perdagangan yang menjual berbagai aneka
baju serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat,
khususnya untuk kaum remaja dan dewasa.
Sebelum kami menjalankan perusahaan
yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk
merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan
produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau
oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan didirikannya
perusahaan ini yaitu:
1). Berperan aktif
dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2). Menyediakan
kebutuhan fashion bagi masyarakat,
3). Mengurangi
tingkat pengangguran,
4). Menjalin persahabatan
antara pelanggan,
5). Mendapatkan keuntungan
atau laba
6). Memberikan pengalaman bagi kami bagaimana menjalankan
bisnis yang bergerak dibidang fashion.
7). Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
8). Meningkatkan pendapatan dan taraf hidup pengusaha.
9). Memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjadi
pengusaha.
Dengan demikian tujuan bisnis
ini terdapat dua aspek yaitu aspek social dan aspek ekonomi. Pada aspek social
bisnis ini dapat membantu masyarakat yang menganggur untuk dapat bekerja
sebagai karyawan atau reseller, sedangan pada aspek ekonomi bisinis ini dapat
meningkatkan taraf hidup bagi pengusaha maupun karyawan, serta memberi
kemudahan masyarakat dalam mencari baju/fashion yang murah dan berkualitas
tinggi tentunya.
§ Visi
dan Misi Distro Yudza Hayaza
ü Visi :
Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan
dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam
kehidupan.
ü Misi :
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan
pelanggan.
§ Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan
tempat yang strategis di Perumahan Lendang Nangka, karena berada tidak jauh
dari kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan yang
merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah
dicari dan didatangi.
§ Ruangan
/ Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
pada awal membuka usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu
sempit, yakni 1 ruangan ukuran 9m x 11m.
§ Waktu
Operasional
Waktu
untuk melakukan pelayanan usaha butik ini dibuka dari pukul 07:00 pagi sampai
dengan pukul 22:00 WITA
§ Kesan
/ Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam
melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service with Smile” sehingga
pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka
selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.
§ Konsep
Promosi
Membuat sebuah display di pintu
gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta
menyediakan brosur promosi.
Selain
itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa
dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis
on-line. Dengan cara ini kami optimis Distro Yudza Hayaza akan lebih mudah dan
cepat dikenal oleh masyarakat.
§ Target
Pelanggan
Target
pelanggan Distro ini adalah masyarakat kalangan remaja dan dewasa yang sedang
terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna
baju-baju yang memiliki ciri khas tertentu.
§ Analisis
Industri
1.1. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan
terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam
hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju.
Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama
sekitar Perumahan Lendang Nangka pada khususnya dan masyarakat Lombok Timur
serta masyarakat NTB pada umumnya yang pada saat ini sangat besar.
1.2. Analisis Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami
dirikan usaha distro ini masih belum
terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan
kekeluargaan.
1.3. Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Distro
Yudza Hayaza membidik pasar kelas
menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya kami
akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik,
sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa
kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha Distro ini cenderung
kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro
lainnya.
Pada
awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro , akan tetapi
dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan
pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
§ Deskripsi
Usaha
2.1. Produk yang dihasilkan
Semakin
tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga
menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang
semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun
kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa
keunggulan:
o Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan
konsumen,
o Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan
style yang uptodate
o Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah
luntur walau beberapa kali cuci.
~
Kegunaan produk
Sebagai
kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain
itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o kualitas produk terjamin
o sesuai dengan selera masyarakat
2.2. Ruang Lingkup Usaha
Ruang
lingkup lingkup usaha distro ini dirancang dengan sebaik mungkin karena semua
itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu
kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan
Distro Yudza Hayaza ini terletak di Jl. Laskar Tojang No. 27 Lendang Nangka.
Distro ini sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah
perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk
dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.
2.3. Personalia dan Perlengkapan Kantor
~
Pemilik : L. BARQURRO’DI AHMADI
~
Penanggung Jawab : L. AKHMADI AZHAR
~
Sekretaris : BQ. FATMAWATI QADIR
~
Bendahara : BQ. HAPIZATUL A. AHMADI
§ Rencana
Produksi
3.1. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk
sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier
atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan
model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak
merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang
membelinya.
§ Rencana
Pemasaran
4.1. Penetapan Harga
Harga
yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat
sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan
sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.
adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
> Rp. 50.000,- s/d Rp. 120.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 30.000,- s/d Rp. 200.000 ,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 110.000,- s/d Rp. 350.000,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 200.000,- s/d Rp. 450.000,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp. 15.000,- s/d Rp. 70.000,-
|
6
|
Rok
|
> Rp. 55.000,- s/d Rp. 250.000,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 105.000,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 5.500,- s.d Rp. 78.900,-
|
4.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-bantaknya.
4.3. Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi
yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
• Membuat pamflet-pamflet berisi produk
– produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
• Melakukan iklan-iklan di dunia
internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
• Membuat katalog-katalog mengenai fashion
yang sedang uptodate di Distro.
§ Perencanaan Organisasi
~Job Description
*Pemilik usaha bertugas untuk
memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
*Sekretaris bertugas untuk membuat
surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
*Bendahara bertugas untuk membuat
laporan keuangan setiap bulannya.
*Penanggung
jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi
di distro dan bertanggung jawab untuk memantau
cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
*Karyawan bertugas melayani para
pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.
~ Latar Belakang Tim Management
Latar
belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang
dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro. Selain itu
dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
~ Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis
ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan dan keberlangsungan bisnis.
Adapun status kepemilikan Distro Yudza Hayaza yaitu perseroan. Dimana
pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik distro.
§ Resiko
ü Analisis SWOT
·
Strength (Kekuatan)
1.
~ Bertanggung jawab, disiplin kerja,
kreatif dan inovatif
2.
~ Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3. ~
Memberikan
pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.
~ Menjual produk yang berkualitas
|
·
Weaknes (Kelemahan)
1.
~ Persaingan pasar dengan perusahaan
yang berskala nasional
2.
~ Berubahnya kondisi perekonomian
|
·
Oportunity (Peluang)
1.
~ Dengan tetap manjaga mutu dan
kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing
dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.
~ Saat ini dengan belum adanya
perusahaan dengan bidang usaha sejenis di daerah sekitar, membuat kami yakin
bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
|
·
Threaty (Ancaman)
~ Munculnya Perusahaan-perusahaan
baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style
terbaru.
|
ü Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa
ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin
banyaknya Butik-butik maupun
outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan
semakin banyak orang yang mengunjungi butik lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi
hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang
terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan
memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
B.
RENCANA USAHA DAN PEMBAGIAN MODAL
ü Perencanaan Permodalan
1.1. Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Distro
Yudza Hayaza yaitu dari pemilik Butik sendiri. Sebagai investasinya untuk itu
didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.
.
1.2. Neraca Permulaan Perusahaan
a)
Biaya produksi per tahun terdiri
dari:
1.
Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
|
Rp. 90.000.000,-
|
|
Kulakan baju grosir
|
Rp. 500.000.000,-
|
|
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
|
Rp. 7.000.000,-
|
|
Biaya gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 55.000.000 ,- +
|
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 652.000.000,-
|
2.
Biaya lain-lain
·
Listrik Rp. 14.000.000,-
·
Asuransi Rp. 10.000.000,-
·
Transportasi Rp. 7.500.000,-
·
Administrasi Rp. 4.500.000,-
·
Pajak Rp. 2.750.000,-
·
Pemeliharaan gedung dan peralatan Rp.
5.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 43.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 43.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi Rp. 652.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 43.750.000,- +
Total Rp.
695.750.000
1.3. Proyeksi Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi keuntungan kotor adalah 20% dari
penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 970
lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah
sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan
tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami
tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi
ke luar daerah.
1.4.
Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH (RP)
|
|
~Biaya tetap
|
||
1. Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp. 7.000.000,-
|
|
2. Gaji pegawai
|
Rp. 70.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
77.000.000,-
|
|
~Biaya variable/ produksi
|
||
Kulakan baju grosir
|
Rp. 500.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
500.000.000,-
|
|
~Biaya-biaya lain
|
||
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak
Pemeliharaan gedung dan peralatan
|
Rp. 14.000.000,-
Rp. 10.000.000,-
Rp. 7.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
Rp.
5.000.000,-
|
|
Total
Modal produksi
|
Rp.
43.750.000,-
|
|
TOTAL
MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp.
620.750.000,-
|
|
~Pendapatan
|
||
Penjualan aneka pakaian dan
fashion
|
Rp. 970.000.000,-
|
|
TOTAL
PENDAPATAN
|
Rp.
970.000.000,-
|
|
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp.
970.000.000,-
Rp.
620.750.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp.
349.250.000,-
|
|
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dari
hasil pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa target pasar cukup luas
untuk prospek kedepannya cukup menjanjikan. Dengan modal awal Rp 695.750.000,00
di dapat kan laba sebesar Rp 349.250.000,- Per tahunnya. Jadi semakin besar
modal yang kita tanam, maka semakin besar pula laba yang kita peroleh, dan
diiringi dengan keuletan, keteguhan jiwa pantang menyerah dan cara kerja yang
baik.
B.
SARAN
Produk menitikberatkan kepada unsur
keindahan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, keterampilan dan
keahlian menjadi sangat penting dalam produksi.
Dalam upaya pengembangan bisnis ini perlu adanya modal yang lebih agar menambah
jumlah produk dan efisiensi serta keuntungan dari bisnis ini. Desain yang
kreatif dan inovatif sangat diperlukan, sehingga perlu adanya kerjasama dengan
pihak luar untuk masalah ini agar variasi produk lebih banyak dan dapat
menghindari kebosanan konsumen. Selanjutnya adalah perlu legalisasi bisnis agar
konsumen percaya untuk membeli baju di distro kami.
C.
REKOMENDASI
Demikianlah
proposal yang penulis buat, dengan rinci dan detailnya, semoga langkah yang
saya lakukan bermanfaat bagi penulis sebagai pegusul dan masyarakat pada
umumnya demi terlaksananya manusia bersumber daya yang kokoh, dan dapat
dipertimbangkan oleh Dosen Pengantar Bisnis, Yth. Ibu Sri Wahyulina. Semoga kebijakan
ini dapat turut andil dalam mencerdaskan umat dan memberikan lapangan pekerjaan
dan memajukan ekonomi berbasis Kerakyatan.
DAFTAR PUSTAKA
Sukotjo,
Basu Swashta. Pengantar Bisnis Modern :
Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Yogyakarta : Penerbit Liberty, 1988
Irawan,
M.B.A., Pengantar Ekonomi Perusahaan.
Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta, 1997
Arief
Budiman, M. 2012. Spiritual
Creativepreneur : Perjalanan Membangun Bisnis adalah Perjalanan Spiritual
Menuju Tuhan. Yogyakarta : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
www.anggakusumanegara.wordpress.com
Sega Genesis Classics - Airjordan's 14Retro
BalasHapusSega Genesis Classics is a compilation air jordan 18 retro varsity red discount of over 50 classic titles from the air jordan 18 retro men red to good site golden era of Sega. It includes over 50 air jordan 18 retro men red free shipping titles, including Sonic where can you buy air jordan 18 retro toro mens sneakers the air jordan 18 retro yellow suede shop Hedgehog,